Instagram

Saturday, February 1, 2014

Puncak klop merupakan salah satu Puncak dari Bukit Klotok yang berada di Kota Kediri. Bukit Klotok merupakan gugusan dari Pegunungan Wilis yang terletak jauh di kaki gunung. Bukit ini memiliki ketinggian +/- 536 MDPL. Walau bukit ini terbilang rendah tapi kita tidak boleh meremehkan alam. Terbukti saat pendakian ini kami berlima jatuh bangun untuk melalui jalur pendakian yang sangat licin berlumpur.

Tugu di Puncak Klop

Pendakian kali ini sebenarnya membawa misi untuk meresmikan pendirian komunitas pecinta alam kecil-kecilan yang kami namai "Anak Mandja Adventure" sekaligus melakukan penandaan jalur pendakian menuju puncak klop. Bukit ini terkenal dengan sebutan "Si Cantik Tidur" karena jika dilihat dari kejauhan bukit ini menyerupai seorang gadis yang sedang tidur telentang menghadap ke langit. Bukit ini mempunyai banyak puncak tapi hanya 2 puncak yang terkenal yaitu Puncak Klop dan Puncak Watu Bengkah. Nah tujuan kita kali ini merupakan Puncak Klop yang merupakan Puncak tertinggi dari bukit ini ditandai dengan adanya Prasasti.

Tersangka pendakian kali ini Gue, Goza, Ronny, Raito dan Havied. Kami berlima berencana melakukan pendakian pada sore hari tapi banyak kendala yang menyebabkan keberangkatan kami tertunda hingga sehabis Isya. Sejam sebelumnya kami berlima telah berkumpul di rumah Havied yang tak jauh dari Bukit ini kami mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari logistik hingga ke masalah tenda. Setelah semua beres kami langsung memacu kuda besi kami menuju ke area Wisata Goa Selomangleng untuk menitipkan kendaraan kami disana. Setelah menitipkan kendaraan, kami berlima langsung menuju jalur pendakian. Kami berlima memilih jalur pendakian via Goa Selobale. Kami memilih jalur ini bukan tanpa alasan, pertama karena gue udah pernah lewat jalur ini dan gue gak tau jalur lain. Alasan kedua konon jalur ini lebih cepat dari jalur lain karena jalur ini memotong bukit sedangkan jalur lain menyisiri punggungan bukit dengan jalanan yang landai.

Singkat kata kami sampai di bibir goa selomangleng kami berhenti sejenak untuk berdoa. Dengan berbekal 1 headlamp milik gue dan 2 senter kami berjalan beriringan dengan jarak yang cukup rapat. Jalur pendakian kali ini diawali dengan lewat perkebunan warga dan jalan disini masih landai. Setelah melewati perkebunan warga kita berbelok ke kiri menembus bukit yang akan tembus di sebelah selatan goa selobale. Jalur ini sangat menanjak dengan kemiringan sekitar 50-60 derajat dan tentunya sangat licin karena daun-daun gugur yang basah terkena air hujan yang mengguyur kediri sore tadi. Setelah melewati tanjakan ini kita akan sampai di pos sedikit lapang yang gue sebut puncak bayangan super duper PHP. lol

Setelah tanah sedikit lapang tadi jalur diteruskan dengan berbelok ke kanan dengan jalanan yang menurun hingga berjumpa dengan jalur pendakian yang sebenarnya. Dari pertigaan ini kita berbelok ke kiri untuk menuju Pos 1 "PROLIMAN" dari pertigaan ini kurang lebih 5 menit kita telah sampai di POS 1. Saat kami tiba di pos 1 sudah terdapat 1 tenda milik SISPALA yang telah sampai duluan.

Di Pos 1 ini kami langsung mendirikan tenda dan langsung masak-masakan untuk ngopi dan makan malam. Setelah acara makan selesai kami masih berbincang-bincang dengan tetangga sebelah tenda yang cukup banyak dan juga banyak cabe-cabean yang cukup enak diajak ngobrol. :v

Masak, ngopi, makan malam
Setelah cukup puas ngobrol-ngobrol akhirnya kami masuk tenda dan berencana bangun pukul 03:00 untuk summit. Tapi rencana tinggalah rencana kami baru pukul 03:30 dan langsung berkemas untuk summit. Kami membawa semua barang kami saat summit karena pos ini masih rendah takut barang-barang kami hilang. Pukul 04:00 kami berangkat summit. Dari pos 1 kita akan dihadapkan oleh percabangan jalan. Ke kanan itu untuk menuju Puncak Klop sedangkan ke kiri untuk menuju Puncak Watu Bengkah. Karena tujuan kita Puncak klop maka kami berbelok ke kanan. Dari sini jalanan akan terus menanjak.

Perjalanan menuju puncak dari Pos 1 normalnya 1 jam. Tapi kami menempuhnya dalam 1,5 jam karena havied sangat capek sehingga sering beristirahat. Tak terasa kamipun disuguhi sunrise di perjalanan menuju puncak. Dan tepat pukul 05:25 kami sampai di Puncak Klop dan seketika kami tercengang dan mengucap subhanallah diatas ketinggian 500 MDPL kami bisa merasakan diatas awan.

Pemandangan dari Puncak Klop
Biasalah ritual foto-foto diadakan. Setelah puas foto-foto gue langsung ngeluarin kompor dan nesting dan memulai ritual masak-masak.Entah kenapa saat sampai puncak ini gue perasaan gue beda banget saat berada dipuncak-puncak lain. Di puncak ini gue ngrasaian kegembiraan yang luar biasa. Hati gue riang banget. Mungkin karna gue bisa sampai puncak Bukit di Kota gue tercinta kali atau mungkin karena tenaga ga terlalu di forsir banget. Entahlah yang jelas walaupun hati riang perasaan gue masih digantung sama dia. lol

Foto keluarga di Puncak Klop
Setelah acara makan bersama dan foto-foto kami bergegas turun. Jalanan turun semakin licin karena tetesan embun sehingga sering kali kami jatuh bangun bahkan kami harus jongkok agad tidak terjatuh. Perjalanan turun sangat lama mencapai 1,5 jam karena jalanan yang licin tadi. Setelah sampai di POS 1 kami memilih turun lewat jalur pendakian yang menyusuri punggungan bukit. Dari POS 1 untuk mencapai jalan raya cuma dibutuhkan setengah jam. Setelah sampai di jalan raya kami langsung menuju ke tempat penitipan kendaraan kami dan bebersih diri disana.