Instagram

Sunday, January 26, 2014

Dulu sebelum gue ikut merantau ke Tanah Celebes gue pengen banget ke Tana Toraja untuk wisata budaya disana. Tapi ternyata impian itu segera terlaksana ketika gue ikut merantau bareng bokap nyokap di Palopo. Palopo berjarak +/- 60km dari Toraja. Dengan Infrastruktur yang memadai membuat gue cukup mudah untuk sampai di Toraja. 




Pertama kali gue ke Toraja pas Tahun Baru 2009. 1 Januari 2009 gue bareng temen-temen gue naik motor ke Toraja dengan tujuan ke Londa. Londa merupakan Goa yang sekaligus Kuburan bagi warga Toraja. Gue kurang inget berapa tarif masuk wisata ini. Kalo kita mau masuk ke dalam Gua-nya dan kita gak bawa penerangan kita bisa sewa lampu/senter disana yang dihargai 25.000 sekali jalan. 

Foto-foto gue ke Londa gak ada yang berbentuk digital semua udah dicetak jadi mungkin lain waktu akan gue update foto-fotonya.

Ke toraja bukan lagi jadi sesuatu yang susah buat gue. Sekedar jalan-jalan atau berkunjung kerumah kawan disana sering gue lakukan dengan bolak-balik dari Palopo. Tak kurang 4x gue ke Toraja namun belum sepenuhnya gue mengeksplore lebih jauh. Di Toraja ada 2 daerah yang cukup terkenal Yaitu Rantepao dan Makale. Pariwisata di Toraja banyak terdapat di Rantepao, Londa, Batutumonga, Kete Kesu, Pemandian Tilanga dan masih banyak lagi yang gue belum tau.

Tapi dari wisata-wisata yang gue sebutin diatas gue baru pernah ke Londa dan explore Makale aja. Maklum sewaktu gue kesana dulu gue belum suka jelajah-jelajah. Mungkin next time kalau gue pulang ke Palopo gue akan explore abis Tana Toraja yang begitu eksotis ini.