Instagram

Monday, November 18, 2013



Karimun jawa, atau yang sering disebut "Karibia"-nya pulau jawa merupakan salah satu tujuan wisata yang mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Kepulaun dengan luas daratan +/- 1.500 ha dan perairan +/- 110.000 ha ini mempunya 27 pulau dengan 5 pulau diantaranya di huni oleh manusia. Dengan keindahan biota laut yang sangat indah, kepulauan yang berada di bawah naungan TNKJ ini wajib untuk dikunjungi.

Saya akan membawa anda seakan-akan ikut berwisata bersama pada postingan ini. Enjoy!

Pantai Kecil di sebelah Tanjung Gelam





Pulau Menjangan Besar


Pantai Batu Topeng


Pantai Batu Topeng II


Pantai di Sisi Utara Tanjung Gelam


Suasana Sore Hari di Alun-alun karimun jawa
Tulang Ikan Paus Raksasa "Joko Tuwo"


Senja di Bukit Joko Tuwo


Langit diatas Pulau Karimun Jawa


Spot Snorkling di Pulau Cilik (Kecil)




Pantai Tanjung Gelam


Penjual oleh-oleh khas yang terdapat di alun-alun karimun jawa


Makan malam ikan bakar di alun-alun karimun jawa



Masyarakat karimun jawa sangat ramah kepada wisatawan. Kebanyakan warga yang tinggal disini adalah penduduk asli karimun jawa dan juga warga jepara yang migrasi kesana. Di karimun jawa hanya terdapat 1 Bank dan 1 ATM, yaitu Bank dan ATM BRI unit Karimun Jawa. Jika berkunjung ke karimun jawa pastikan anda mengganti operator HP anda ke Telkomsel, Indonsat atau XL. Karena saat saya berkunjung kesana hanya ketiga operator itu yang mempunyai tower disana. 

Listrik di karimun jawa hanya nyala dari pukul 18:00 - 06:00 setiap harinya. Jadi buat yang bawa benda-benda elektronik pastikan mengisi batteray pada jam-jam tersebut ya. 

Penginapan di karimun jawa sangatlah banyak. Ada berupa hotel maupun homestay. Untuk homestay di karimun jawa rata-rata harga 75-100 per malam. Berikut akan saya berikan daftar homestay beserta nomor telpon-nya :
  • Homestay Kalimasada (0297 312224)
  • Homestay Aiyani (0297 312128)
  • Wisma Apung (081325110999)
  • Karimun Indah (081325131608)
  • Homestay gemilang

Karimun jawa tidak hanya indah dalam hal wisata laut, wisata darat di pulau karimun jawa juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya alun-alun karimun jawa, Flower Hill, Museum Joko Tuwo, Tasbih Raksasa. Selain itu berkeliling pulau karimun hingga ke ujung-ujungnya sangat menyenangkan tapi tidak disarankan untuk berjalan kaki karena pulau karimun jawa sangat luas. Ada baiknya jika menyewa sepeda / sepeda motor. Tarif sewa tergantung dari pemilik persewaan. Berikut saya berikan daftar persewaan motor yang ada di karimun jawa :
  • Rental Motor Onix
  • Ryono Aditya Rental (081326612715 / 082325003383)
Jika anda mengunjungi karimun jawa tanpa tour agent, anda bisa langsung menuju ke dermaga nelayan yang ada di sebelah alun-alun karimun jawa dan melakukan negosiasi ditempat untuk keperluan hoping island. Kisaran biaya untuk 1 perahu 250.000-jutaan (tergantung kapasitas perahu).  

Jika berkunjung ke karimun jawa Jangan buang sampah di laut. Jagalah ekosistem dan kebersihan laut. Happy Travel.