Instagram

Thursday, March 6, 2014

Lagi-lagi perjalanan kali ini masih berkaitan dengan Istana Basa Pagaruyung. Kalo bingung bacanya mending baca dulu chapter sebelumnya.

Berbekal penjelasan dari pak suharmen akhirnya gue langsung menuju Sawahlunto. Perjalanan menuju sawahlunto cukup dekat sekitar 1 jam saja. Jalur yang ditunjukkan pak suharmen ini melewati Makan Moh. Yamin yang merupakan pahlawan dari Sumatra Barat. Akhirnya gue pun menyempatkan mampir untuk berfoto-foto.
Depan Plang
Tapi sayang makam ini tak ada penjaganya dan pagarnya pun ditutup gue hanya bisa melihat dari jauh makan beliau.

Makam M. Yamin

Sekitar pukul 15:45 gue telah sampai di Sawahlunto
SAWAHLUNTO
Papan Informasi

Gue pun langsung mencari papan informasi wisata untuk mencari letak Gudang Ransum, Lubang Mbah Suro dan Museum KA. Karna memang ketiga tempat itu yang menjadi tujuan gue ke sawahlunto. Begitu mengetahui lokasinya gue pun langsung menuju Gudang Ransum. 
Gudang Ransum
Gudang Ransum
Sangat disayangkan gue hanya bisa melihat-lihat gudang ini dari depan karena sudah tutup. Dengan berkecil hati gue pun menuju Lobang Mbah Suro yang berada tak jauh dari Gudang Ransum dan gue pun mendapatkan hal sama. Wisata Lobang Mbah Soero pun juga udah ditutup. Kedua tempat wisata ini pada weekday hanya buka hingga pukul 16:00 saja. 

Akhirnya gue pun bergegas ke Museum Kereta Api siapa tau jam buka museum ini lebih panjang daripada tempat wisata yang tadi gue kunjungin. Begitu sampai di depan museum pegawai museum ini pun juga sudah mengunci pintu dan bersiap untuk pulang. Alhasil gue gak bisa masuk ke dalam museum dan hanya berfoto-foto di depan museum sambil mengistirahatkan bokong yang cukup panas ini. 
Museum Kereta Api
Numpang Eksis
Stasiun Sawahlunto



Stasiun kereta api ini masih digunakan. Trayek-nya Sawahlunto-Singkarak. 2 kali sehari. Itu sih yang tertera di depan stasiun ini tapi gak tau deh kenyataanya. /plak

Setelah gue rasa cukup istirahat gue akhirnya gue meninggalkan sawahlunto dan menuju ke solok. Rencana gue mampir ke Danau Kembar sebelum ke Padang.

Lanjut ke Padang