Instagram

Saturday, March 1, 2014

Sebelumnya niatan gue ke jambi itu bulan Mei 2014 tapi berhubung rezeki dateng duluan akhirnya gue majuin ke bulan februari. Tujuan utama dari perjalanan panjang ini adalah pendakian ke Gunung Kerinci. Tapi gue berfikir udah jauh-jauh ke Sumatera kalo gak sekalian jalan-jalan rugi. Akhirnya gue putusin perjalanan ini Jambi-Kerinci-Sumatera Barat. Gue langsung booking tiket CGK-DJB dengan maskapai Sriwijaya Air tgl 18 Februari dan pulangnya PDG-CGK tgl 27 Februari.

Jambi
Gue berangkat dari kosan gue di bandung selasa pukul 1 malam. Gue langsung menuju pool bis primajasa khusus bandara soekarno hatta yang terletak di batununggal. Bis gue jam 2 malam. Setelah tiba di pool gue nunggu bis gue dengan ngantuknya karena gue belum tidur. Seusainya gue naik ke atas bis gue langsung tidur dan begitu bangun gue udah sampai di depan terminal keberangkatan 1B. Gue lekas turun dan gue tengok jam tangan gue masih pukul 04:30 masih ada 4 jam lagi gue akhirnya memilih ke smooking area untuk sekedar ngrokok dan tidur disana sampai jam 7 pagi. Sekitar jam 7 gue bangun dan ternyata udah rame banget.

Gue langsung mesen kopi dan beli nasi bungkus di pedangang gelap bandara. Nasi bungkus dengan lauk telor dan ayam dihargain 12.000. Lumayan daripada harus ke solaria ataupun ke AW. Setelah makan dan minum gue langsung check-in dan tepat pukul 08:39 pesawat gue terbang menuju jambi. Well, mata gue masih ngantuk jadi di pesawat pun gue tidur. Lagian gue duduk bukan dekat jendela jadi gak bisa nikmatin samudera awan.
Boarding Pass
Pukul 09:50 Alhamdulillah pesawat gue mendarat di Bandara Sultan Thaha Jambi. Bandara di jambi ini kecil banget bok. Semacam landasan TNI AU gitu.
Jambi
Abis ambil barang gue langsung keluar bandara dan duduk sebentar didepan bandara. Para supir taksi, tukang ojek, tukang becak nyamperin gue nawarin jasanya. Gue inget pernah baca blog katanya taman mini jambi itu gak jauh dari bandara. Awalnya gue masih berusaha nawar ojek untuk kesana, kata temen sih dari bandara kesana paling mahal 5.000 tapi tukang ojek ini minta 15.000. Demi uang sepuluh ribu akhirnya gue milih jalan kaki aja. Wong di blog yang gue baca deket kok.

Akhirnya gue jalan kaki dan ternayat itu jauh men. Sumpah yg mau ke jambi trus mampir ke taman mini jambi mending lu naik ojek. Mana jalanan panas banget. Sekitar 15 menit gue jalan dengan bermandikan keringat akhirnya gue sampek di taman rimba jambi. Gue langsung beli tiket masuk sebesar 5.000 dan nitipin carrier gede gue ke pos satpam disana. Gue kira taman rimba dan taman mini jambi itu selokasi ternyata enggak. Taman rimba ini semacam kebun binatang gitu. Jadi jauh-jauh ke jambi gue cuma masuk kebun binatang. Sial.

Jam 12 gue keluar dari taman rimba dan nanya orang taman mini jambi itu dimana. Ternyata orang sana gak ngerti taman mini jambi mereka lebih mengenal itu Taman Ex MTQ. Soalnya taman ini dulu dibikin pas Jambi diamanahkan sebagai tuan rumah MTQ Nasional. Gue jalan kaki dari taman rimba ke taman mini jambi sekitar 5 menit. Taman mini ini gratis. Disana terdapat anjungan rumah-rumah adat se-Provinsi Jambi. Mulai dari Rumah Adat Kerinci, Jambi, Kota Jambi, Bangko, dll. Tapi sayang taman ini gak terawat dan yang sangat memprihatinkan kawasan ini dibuat ajang pacaran bagi siswa-siswi SMA. :'(

Setelah capek keliling-keliling gue berhenti di warung yang banyak terdapat disana dan ternyata penjualnya orang jawa. Gue nitip keril dulu sambil menikmati panasnya jambi. Sambil gue ngubungi bang iin dari KPKA Rimba Negeri yang rencananya mau tumpangi nginep beberapa hari nanti. Sekitar jam 3 bang iin jemput gue dan langsung kami cus ke Sekretariat KPKA RN Jambi.

Sesampainya di sekre gue langsung mandi dan kenalan sama kawan-kawan disana. Malam harinya gue diajakin ke sekretariat Makopala Dimitri untuk rapat Forum Pecinta Alam Jambi yang lagi penggalangan dana untuk sinabung. Eh gak taunya malah nemu pujaan hati disana.

Setelah rapat gue masih nongkrong di sekre dimitri sambil main gaple. Jam 12 malem pun gue pamit untuk pulang dan keliling2 jambi untuk beli makan malam. Ternyata orang-orang dijambi itu banyak yg gak tau nama jalan. Mereka lebih cenderung memberi nama ke suatu daerah. Misal Arizona. Setiap perempatan disana pun punya nama masing2. Misal simpang kawan, simpang tugu, simpang jelutung, simpang siur, dan lain lain.

Setelah beli makan gue balik ke sekre RN dan dilanjut dengan main remi. Awalnya gue gak pengen ikut karena gue gak tau caranya karena gue baru tau permainan remi yg mereka mainkan. Tapi setelah diajarin akhirnya gue bisa. Setelah puas main kami pun nonton bareng Barca vs City di TV yang ada di sekre RN. Lu harus nyobain rasanya nonton TV tanpa suara bo'. Cuma di sekre RN yang bisa betah nonton TV tanpa suara.

Hari Kedua
Hari kedua gue gak tau mau kemana gue pun bangun sekitar pukul 12:00 karena shubuh baru tidur. Seusai mandi dan makan gue ke simpang jelutung untuk ikut penggalangan dana tapi disana udah gak ada orang akhirnya gue ke simpang BI. Anak-anak dari sispala sedang beraksi penggalangan dana yaudah alhasil gue cuma nonton saja. Bosen di Simpang BI gue akhirnya caw ke sekre Dimitri. Disana ngopi, ngeteh, ngesteh, ngobrol dan modusin pujaan hati gue. /plak

Udah bosen nongkrong disana gue balik ke sekre RN dan cari makan malam. Setelah makan malam teman saya mas Rasyid (tujuan awal numpang dijambi di rumah dia, cuma karena dia ada tugas luar kota dari kantor akhirnya gue dititipin ke Rimba Negeri) dateng ke sekre. Akhirnya ngobrol ngalor ngidul dan sempet diracunin buat undur pendakian ke kerinci dan ikut dia naik ke singgalang. -.-

Jujur sempet aja keracunan juga tapi kepikiran kalo gue undur ke kerinci ntar gue daki sama siapa, ntar kalo gue ketemu sama macan gimana. Akhirnya gue tolak juga tuh racun singgalang dari mas Rasyid. Setelah ngobrol ngalor ngidul sekitar pukul 23:00 mas Rasyid pamit pulang dan kami pun lanjut main remi lagi. Tapi permainan kami gak lama karena semua anggota RN pamit pulang satu persatu. Alhasil gue cuma berdua sama bang iin di sekre. Di tengah berduaan gue sama bang iin, bang iin cerita banyak hal tentang pengalaman dia daki kerinci bahkan lintas hutan TNBT untuk pemetaan desa.

Gak kerasa cerita-cerita big match Munchen vs Arsenal udah dimulai akhirnya kami nonton lagi dengan keadaan tanpa suara lagi. :3

Hari Ketiga
Gue bangun pagi karena rencana hari ini gue pengen ke Candi Muaro Jambi. Tapi karena yang mau nganterin belum pada bangun akhirnya ditunda sampai nanti siang. Sebelum berangkat ke candi kami sempatkan melayat ke salah satu rekan pecinta alam jambi yang kebetulan Ayah-nya meninggal. Sekitar jam 2 kami selesai melayat dan kami berencana langsung berangkat ke candi tapi teman2 dari Bunda Rima mau ikutan akhirnya terjadilah "MENUNGGU CEWEK" dimana-mana menunggu cewek itu gak asyik. Lama banget kadang juga PHP /plak kok malah curhat setelah semua personil lengkap akhirnya pukul 16:00 kami berangkat ke Candi Muaro Jambi. Tiba di candi sekitar pukul 16:45 dan kali ini saya gratis masuk karena dibayarin Bunda Rima. Makasih Bun.

Karena waktu gak banyak gue cuma sempet ngunjungin candi tinggi dan telagorajo. Sekitar pukul 17:30 gue langsung balik ke jambi karena travel gue ke Sungai Penuh nanti pukul 19:00

Sekitar pukul 18:15 gue sampai di sekre dan sempetin untuk belanja logistik dulu untuk pendakian. Dan saat gue lagi packing travel gue udah jemput gue. Alhasil gue pun buru-buru dan gak sempet makan. Travel menuju sungai penuh ini menggunakan mobil L300 gitu dengan biaya 120.000. Lama perjalanan sekitar 10 jam. Dan selama 10 jam itu gue cuma bisa tidur. zzzzzzz
Mobil yang ngangkut gue ke Sungai Penuh

Berlanjut ke Pendakian Kerinci

Sayang sekali dalam tulisan kali ini tak banyak foto yang bisa gue lampirkan karena ada suatu hal yang membuat foto-foto dan video di jambi kali ini semuanya corrupt. :'(
Hanya ini kenangan yang tersisa dari Jambi.